JNE Ajak UKM Cianjur Lebih Agresif Menggali Potensi Pasar Online

06 November 2017

Oktober  2017 – Ibarat kekuatan rakyat atau “people power”, masyarakat yang menjadi pelaku UKM, telah terbukti turut berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Produk-produk hasil karya masyarakat memiliki nilai jual dan berpotensi besar untuk dikembangkan karena memiliki keunikan tersendiri dengan karakteristik produk mau pun produsen yang berbeda-beda di seluruh nusantara. Melihat hal tersebut, JNE pun agresif dalam menyelenggarakan program atau acara pemberdayaan komunitas yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing para UKM di berbagai daerah.

Tahun ini JNE Bandung terus menggali potensi UKM di wilayah Jawa Barat. Setelah membuka 2 titik layanan baru di Cianjur yaitu JNE Jalan Raya Bandung No 12 KM.2 Kabupaten Cianjur dan di Jl. KH. R. Abdullah Bin Nuh Kelurahan Rancagoong, Kabupaten Cianjur, JNE Bandung juga mengadakan seminar bertema Be Creative Be Competive, dengan pemaparan dari para pakar dalam bidang pengemasan serta digital marketing strategy dengan tujuan mengakselerasi potensi UKM di Cianjur.

Pada Rabu (01/10), JNE menghadirkan pakar digital marketing dan packaging expert dalam seminar “Be creative Be Competitive” mulai jam 13.00 – 17.00 WIB di Bydiel Hotel, Jl. Ir. H. Juanda No. 70 A, Kabupaten Cinajur. Seminar kali ini adalah seminar ke-3 dalam rangkaian program pelatihan yang digagas oleh JNE Bandung bagi UKM di Jawa Barat dan di depan ratusan peserta yang seluruhnya entrepreneur, materi berjudul “Building Brand By Good Packaging and Digital Marketing Strategy” dipaparkan.

Di berbagai daerah seperti halnya Cianjur, banyak produk-produk hasil karya masyarakat setempat yang kompetitif dan berkualitas, namun masih banyak produsen atau pebisnis yang belum dapat memanfaatkan internet mau pun social media secara maksimal untuk mendongkrak penjualan. Oleh karena itu, edukasi tentang pentingnya akun digital dan strategi penggunaannya harus terus diberikan kepada wirausahawan.

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah pemahaman tentang cara-cara mau pun strategi distribusi dari produk-produk yang dihasilkan, baik ke tujuan di dalam kota mau pun ke seluruh Indonesia, bahkan keluar negeri. Untuk memberikan pandangan bagi para peserta terkait dengan strategi pengiriman paket, perwakilan JNE Sebastian selaku Sales Retail Section Head JNE Bandung hadir sebagai narasumber dalam acara tersebut.

Deputy GM JNE Express Hasmeliyani Suseno menyampaikan, “Banyak aspek yang dapat ditingkatkan dari potensi UKM salah satunya dalam pemasaran online, untuk itu JNE hadir dan berperan aktif dalam memberikan strategi kepada para UKM dengan menghadirkan para pakar dan praktisi dalam berjualan online. Merebaknya pertumbuhan e – commerce memberikan kontribusi positif dalam pertumbuhan ekonomi, sejalan dengan hal itu kami juga ingin UKM sebagai salah satu penopang ekonomi ini bisa terus mengalami pertumbuhan yang baik, sehingga berdampak positif kepada perekonomian nasional”.

Iyus Rustandi selaku Kepala Cabang JNE Bandung menyampaikan, “Selain harus dapat meningkatkan daya saingnya dalam memasarkan produk, pelaku e-commerce pun harus dapat juga memanfaatkan berbagai fasilitas untuk mendukung aktifitas pengiriman yang dilakukan, secara maksimal. Oleh karena itu, JNE menjalankan berbagai program yang bekerjasama dengan berbagai pihak. Dalam kegiatan pada hari ini kami menyampaikan pengetahuan tentang cara pengemasan yang lebih baik agar nilai jual produk bertambah, menambah wawasan para UKM tentang cara mau pun strategi pemasaran online dengan menggunakan digital marketing dan berbagai hal mengenai pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Selain itu, kami juga memberikan pengetahuan tentang layanan JNE dan tips mau pun trik dalam penggunaannya agar lebih maksimal dalam mendukung aktifitas bisnis para UKM”.

Customer Care (021) 2927 8888