Pacu Daya Saing UKM di Jayapura dengan “JNE Ngajak Online“

22 August 2017

Agustus 2017 – Ibarat kekuatan rakyat atau people power, masyarakat yang menjadi pelaku UKM, telah terbukti turut berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Produk-produk hasil karya masyarakat memiliki nilai jual dan berpotensi besar untuk dikembangkan karena memiliki keunikan tersendiri dengan karakteristik produk mau pun produsen yang berbeda-beda di seluruh nusantara. Melihat hal tersebut, JNE pun agresif dalam menyelenggarakan program atau acara pemberdayaan komunitas yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas UKM di berbagai daerah.

 

Tahun ini, sebagai salah satu rangkaian program untuk memeriahkan hari jadi JNE yang ke-27, para wirausahawan di 18 kota diajak untuk mengikuti workshop atau seminar yang bertema “JNE Ngajak Online”. Program berisi pelatihan bagi pengusaha UKM ini bertujuan agar produk-produk berkualitas yang dihasilkan dapat dipasarkan secara luas.

 

Pada Kamis (17/8), JNE menghadirkan Andreas Agung Bawono seorang pakar Digital Marketing dalam seminar “JNE Ngajak Online” di Grand Abe Hotel, Jalan Abe Raya Kota Baru Jayapura. Didepan puluhan peserta yang seluruhnya entrepreneur, Andreas memaparkan materi presentasinya yang berjudul “Revolusi Digital”.

 

Dalam pemaparannya, Andreas mengungkapkan bahwa di berbagai daerah seperti halnya Jayapura, telah memiliki produk yang kompetitif dan berkualitas, namun masih banyak produsen atau pebisnis yang belum dapat memanfaatkan internet mau pun social media secara maksimal. Oleh karena itu, edukasi tentang pentingnya akun digital dan strategi penggunaannya harus terus diberikan kepada wirausahawan.

 

Hal yang tidak kalah pentingya, adalah pemahaman tentang cara-cara mau pun strategi distribusi dari produk-produk yang dihasilkan, baik di dalam kota mau pun ke seluruh Indonesia, bahkan pengiriman paket keluar negeri. Untuk memberikan pandangan bagi para peserta terkait dengan strategi pengiriman paket, hadir sebagai narasumber yaitu, Head Division Marketing Communication JNE, Mayland Hendar Prasetto

 

Hardo Susanto selaku Branch Manager JNE Jayapura menyampaikan, “UKM di Jayapura memiliki potensi besar karena begitu banyak produk-produk khas dan asli buatan masyarakat disini yang kompetitif untuk dipasarkan ke seluruh nusantara, bahkan luar negeri. Karena itulah JNE hadir dan menyelenggarakan program “JNE Ngajak Online” untuk memberikan inspirasi mau pun pengetahuan lebih kepada para pengusaha di Jayapura dan sekitarnya, agar usaha atau bisnis yang dijalankan oleh tiap peserta dapat terus berkembang dengan meningkatnya angka penjualan”.

 

Selain penjelasan mendalam tentang strategi distribusi paket serta pemasaran pada e-commerce, JNE juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk mendaftar langsung di tempat acara dan bergabung sebagai vendor atau merchant Pesona (Pesanan Oleh-Oleh Nusantara). Tujuannya agar memudahkan para UKM tersebut dalam memasarkan produk-produk hasil karya mereka, karena Pesona selalu menyelenggarakan berbagai macam program mau pun acara di berbagai kota.

 

Puluhan produsen makanan khas mau pun produk kreatif di Jayapura serta produk unggulan UKM tersebut, seperti, Ikan Bungkus Khas Papua, Aunu Sanebre, Sate Ulat Sagu Papeda Papua, aneka makanan berbahan sagu  serta beragam jenis kuliner lainnya. Selain itu produk kerajinan tangan karya masyarakat setempat juga tersedia, seperti Batik khas Jayapura dan sebagainya.

 

Di samping menggelar pelatihan, JNE pun mengadakan “JNE Ngajak Ngirim” yaitu program gratis ongkos kirim yang berlaku sehari setelah acara “JNE Ngajak Online” digelar. “JNE Ngajak Ngirim” berlaku untuk paket seluruh pelanggan di 18 kota tempat digelarnya “JNE Ngajak Online” dengan tujuan Jakarta. Bukan hanya itu, untuk memaksimalkan dukungan terhadap UKM lokal menuju pasar global, JNE pun telah mempersiapkan layanan JNE Internasional Shipment yang dapat mendistribusikan paket pelanggan ke lebih dari 250 negara utama di semua benua. Saat ini, JNE International Shipment memberikan diskon 17% dalam rangka HUT RI ke-72 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2017 nanti.

Customer Care (021) 2927 8888