Mewarnai Indonesia

23 October 2017

Oktober 2017JNE adalah sebuah perjalanan panjang yang penuh makna, dimana banyak kisah mau pun cerita yang telah dilalui oleh seluruh karyawannya ketika bertanggung jawab mengemban amanah pengiriman paket pelanggan setia dan masyarakat pada umumnya. Berawal dari empat orang karyawan, kini JNE berkembang menjadi perusahaan multinasional dengan 6000 lebih jaringan yang tersebar hingga ke pelosok. Seluruh jaringan tersebut diperkuat dengan 40.000 karyawan, mulai dari karyawan kantor pusat dan cabang utama sampai dengan karyawan JNE milik mitra, dari berbagai suku serta bahasa.

Setiap tahun di bulan November, JNE merayakan hari jadinya sejak didirikan pada tahun 1990, dan dalam perayaannya JNE selalu menyelenggarakan rangkaian program serta acara yang menyentuh berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat. Tahun ini, JNE genap berusia 27 tahun dan tema HUT kali ini pun spesial yaitu “Mewarnai Indonesia”. Makna dari tema ini merepresentasikan JNE sebagai perusahaan yang didirikan dan dimiliki oleh anak bangsa dengan keinginan kuat untuk memberikan manfaat terhadap bangsa mau pun negara, serta cerminan keanekaragaman nusantara.

Wujud dari tema tersebut dituangkan dalam acara utama HUT JNE Ke-27 yaitu Pemecahan Rekor MURI mewarnai 1270 Payung dan angka tersebut dipilih karena ada unsur “27” yang merupakan usia JNE di tahun 2017.  Acara pemecahan rekor Muri ini diselenggarakan pada Minggu 22/10 pukul 08.00-12.00 WIB di Dome UMM Malang Jawa Timur dan diikuti oleh anak-anak Sekolah Dasar usia 7-12 tahun baik dari Kota maupun Kabupaten di Malang.

Dalam acara tersebut, Presiden Direktur JNE, M. Feriadi menjelaskan bahwa selama 27 tahun JNE menghubungkan berbagai daerah yang saling berjauhan dan membuka potensi – potensi lokal di daerah yang sebelumnya terkendala masalah logistik. Terutama di era e-commerce yang bertumbuh pesat saat ini, kehadiran JNE turut membantu pertumbuhan ekonomi di berbagai daerah. “Namun JNE berupaya kehadirannya tidak hanya sekedar sebagai perusahaan pengiriman ekspres dan logistik, tapi juga dengan semangat membangun negeri. Sehingga, JNE juga turut berperan aktif dalam setiap kegiatan – kegiatan yang berhubungan dengan sosial serta kemasyarakatan”, ungkap Feriadi yang hadir bersama jajaran Direksi lainnya dan didampingi oleh  Branch Manager JNE Malang Windhu Abiworo.

Malang terpilih menjadi tempat digelarnya acara karena terdapat Kampung Warna-Warni Jodipan yang sesuai juga dengan tema HUT JNE kali ini. Pertumbuhan industri kreatif dan UKM di Malang juga menunjukkan peningkatan yang sangat baik, sehingga sejalan dengan kebijakan JNE sebagai sahabat UKM Indonesia. Setelah perwakilan dari Museum Rekor Indonesia selesai menghitung jumlah payung yang diwarnai di Dome UMM Malang, penghargaan dianugerahkan kepada JNE dan beberapa payung dibawa serta dipasang di Kampung Warna-Warni Jodipan Malang. Kampung Warna – Warni juga sekaligus menjadi tempat dilaksanakannya acara Press Conference: HUT JNE ke-27Mewarnai Indonesia” di hari yang sama pada pukul 14.00-16.00 WIB.

Selain mengadakan pemecahan rekor Muri dan Konferensi Pers HUT JNE Ke-27 Tahun di Malang, pada hari tersebut JNE juga menyelenggarakan program pemberian dan pengiriman buku cerita atau bacaan untuk PAUD mau pun TK yang membutuhkan. Total sebanyak 11 ribu buku yang sarat edukasi dibagikan secara cuma – cuma di 11 kota dan sekitarnya, melalui cabang utama JNE di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, serta Nusa Tenggara Timur. Cabang – cabang tersebut adalah JNE Kupang, JNE Mataram, JNE Denpasar, JNE Jember, JNE Probolinggo, JNE Pasuruan, JNE Malang, JNE Kediri, JNE Madiun, JNE Mojokerto, dan JNE Surabaya.

Sebelumnya, sebagai salah satu program acara yang menjadi rangkaian HUT JNE Ke-27, JNE juga mengajak para wirausahawan di 18 kota untuk mengikuti workshop atau seminar gratis yang bertema “JNE Ngajak Online”. Program yang berisi pelatihan bagi UKM agar produk-produk berkualitas yang dihasilkan dapat dipasarkan secara luas ini, digelar di 18 kota, yaitu Tanjung Pandan, Bengkulu, Sorong, Jayapura, Samarinda, Palangkaraya, Banda Aceh, Jambi, Bontang, Tarakan, Palu, Manado, Gorontalo, Ambon, Pangkal Pinang, Cilegon, Kupang dan Mataram.

Di samping menggelar pelatihan, JNE pun mengadakan “JNE Ngajak Ngirim” yaitu program gratis ongkos kirim yang berlaku sehari setelah acara “JNE Ngajak Online” digelar. “JNE Ngajak Ngirim” berlaku untuk paket seluruh pelanggan di 18 kota tempat digelarnya “JNE Ngajak Online” dengan tujuan Jakarta. Bukan hanya itu, untuk memaksimalkan dukungan terhadap UKM lokal menuju pasar global, JNE pun telah mempersiapkan layanan JNE Internasional Service yang dapat mendistribusikan paket pelanggan ke lebih dari 250 negara utama di semua benua.

Program dan acara lainnya di berbagai bidang, sebelum rangkaian HUT JNE Ke-27 dilaksanakan, pun telah dimulai dari awal tahun dan diselenggarakan di seluruh nusantara. Acara tersebut seperti, seminar pelatihan untuk UKM di 15 kota yaitu Indonesia Marketing Festival dan Gebyar UKM yang bekerjasama dengan Markplus Inc., serta Kampus Shopee Roadshow yang bekerjasama dengan online marketplace terkemuka Shopee di 13 kota, mulai Februari sampai dengan November 2017.

Rangkaian kegiatan berupa seminar, CSR (Corporate Social Responsibility) dan yang lainnya, juga diadakan mulai pertengahan tahun, tepatnya bulan Agustus sampai dengan akhir tahun. Workshop untuk UKM selain “JNE Ngajak Online” dan sebagainya, yaitu E-Commerce Vaganza yang digelar di 7 kota, juga didukung oleh JNE. Begitu juga dalam kegiatan sosial atau CSR seperti, Operasi Bibir Sumbing di Sabang Aceh bersama Smile Train, dan pengiriman ratusan buku edukatif untuk anak – anak di Lombok Nusa Tenggara Barat yang dilaksanakan bersama Taman Bacaan Anak Lebah, serta pengiriman peralatan mau pun perlengkapan sekolah untuk anak – anak yang membutuhkan ke beberapa daerah di Papua dalam program “Rajut Kasih”.

Program CSR di tahun 2017 pun semakin spesial lagi karena tepat pada perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-72, JNE berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bandung merevitalisasi dan meresmikan Taman Cikapayang Dago,  Jl. Ir. H.Djuanda No.79,  Bandung - Jawa Barat  40132. Ini adalah bentuk peran aktif JNE dalam mendukung pemerintah untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, kreatif, serta bersih dengan menyediakan ruang publik lebih banyak.

Para ibu menyusui yang bekerja pun turut merasakan semarak rangkaian program acara yang JNE selenggarakan tahun ini, karena “Jesika Office to Office” bersama komunitas Smart Mama juga digelar. 10 kantor perusahaan terkemuka di Jakarta menjadi tempat pelaksanaan kegiatan dari salah satu produk layanan JNE yaitu Jesika (Jemput ASI Seketika). Acara berupa seminar edukatif yang menghadirkan pakar mau pun dokter ahli ini, dilakukan di kantor - kantor karena terdapat banyak sekali ibu – ibu menyusui yang berprofesi sebagai profesional atau karyawati.

Tidak ketinggalan acara rutin bagi pelanggan loyal JNE para member JLC (JNE Loyalty Card). Acara JLC Gathering sebagai Forum Group Discussion manajemen JNE bersama para member JLC terbaik dijalankan di 7 kota. Era digital yang penuh dengan peluang, turut memberikan kesempatan bagi para UKM untuk berkembang, begitu pun para member JLC di berbagai kota. Banyak member JLC yang berprofesi sebagai wiraswasta dan sebelumnya memiliki sedikit poin karena jumlah pengirimannya masih belum banyak, kini telah menjadi member terbaik dengan jumlah pengiriman paket yang besar setiap bulannya, seperti yang ditemui oleh manajemen JNE di di Cilegon, Magelang, Cirebon, Kediri, Jambi, Pontianak, serta Manado. Dengan ajang diskusi ini, diharapkan kualitas pelayanan JNE dalam program JLC dapat selalu ditingkatkan, sehingga turut mendorong perkembangan bisnis para member-nya.

 

Customer Care (021) 2927 8888