JNE Perkuat Sinergi UMKM Bandung di JNE Ngajak Online, Goll..Aborasi Bisnis Online Kota Bandung

11 October 2022

Bandung, September 2022 - Tren digitalisasi yang terus bergulir mendorong para pegiat UMKM untuk berlomba melahirkan inovasi pemasaran di media sosial. Mengutip data IdEA, UMKM yang telah memasuki e-commerce baru mencapai 11 juta dari 59,2 juta pelaku UMKM sejak Mei 2020 hingga Juni 2022 dengan nilai transaksi sebanyak US$ 53 miliar. JNE sebagai perusahaan logistik dan jasa pengiriman mendukung digitalisasi UMKM dengan berbagai program, salah satunya melalui JNE Ngajak Online, Goll..Aborasi Bisnis Online Edisi Spesial Kota Bandung. Acara ini dibuka secara meriah oleh penampilan Manshur Angklung X Henry First dan dipandu oleh Adinda Putri Thalita. Edi Santoso selaku Direktur JNE membuka acara ini dengan mengucapkan HUT ke-212 kota Bandung yang jatuh pada 25 September 2022 silam. “Semoga Bandung dapat menjadi salah satu smart city terbaik di Indonesia. Mendukung visi tersebut, JNE tidak hanya akan mengajak, namun juga mendorong UMKM untuk menciptakan daya saing yang kompetitif. Melalui acara ini, kami berharap integrasi dan kolaborasi dengan UMKM dapat terbangun.” Tren fesyen terutama di anak muda terus menunjukkan perubahan, kendati demikian Hijack Sandals dan 3Second menjadi dua brand apparel yang hingga saat ini masih menunjukkan performa dan eksistensi dengan inovasi produk yang menarik.

Zaky selaku Managing Director Hijack Sandals menyampaikan “10 tahun sepak terjang bisnis kami lalui. Berawal dari mengadakan workshop dan merekrut teman sebagai karyawan, kami mulai berevolusi sejak 2014 untuk melakukan pemasaran digital”. Bermula dari memproduksi berbagai macam campaign di website, Zaky menyampaikan pihaknya terus berupaya untuk melakukan kolaborasi agar produknya dikenal oleh konsumen di mancanegara. Siapa yang tak familiar dengan brand apparel 3Second, dengan 300 titik industri brand ini menjadi salah satu merek busana yang paling berkelanjutan sejak tahun 2001. Mengadopsi pemasaran digital di tahun 2010, Hendri Sase selaku Manager of Promotion 3Second saat ini mulai mengembangkan pemasaran multichannel. “Saat ini pemasaran kami terintegrasi antara offline dan online dan sudah meluas hingga luar kota Bandung”, ujarnya.

Inovasi tak henti dilakukan oleh 3Second, salah satu terobosan menariknya adalah meluncurkan aplikasi agar konsumen lebih mudah dalam bertransaksi serta meluncurkan produk kolaborasi “Perubahan pasti terjadi, maka 3Second terus berinovasi salah satunya dengan mengadakan kolaborasi bersama Mobile Legend serta public figure lainnya. Selain itu, kami juga bekerja sama dengan perubahan ekspedisi JNE untuk pengiriman untuk mendukung aktivitas distribusi”, ujar Hendri. Berbeda dengan 3Second dan Hijack Sandal yang sudah lama dibangun, Annisaacaca selaku Creative Director Cherish The Love yang turut hadir dalam acara ini membuktikan bahwa brand yang lahir di era pandemi pun bisa melesat dan melahirkan omzet yang tak kalah menarik jumlahnya. “Karena lahir saat pandemi, produk yang kami pasarkan adalah yang bisa digunakan sehari-hari, selain pakaian kami juga merilis parfum dengan varian yang unik.”, ujar Caca. Mendukung upaya UMKM Bandung untuk beroperasi, Iyus Rustandi selaku Branch Manager JNE Bandung menyampaikan “Kami optimis dengan peluang digital saat ini sehingga kapasitas UMKM dapat terus meningkat, salah satunya dengan dukungan salah satu layanan JNE yaitu Roket Indonesia”. Roket Indonesia adalah aplikasi layanan antar barang secara online yang diluncurkan oleh JNE. Aplikasi ini memudahkan customer dalam mengirim barang di dalam kota secara instan. Luthfi Safitri Zein selaku Head of Roket Indonesia menyampaikan “Setelah memasuki usia ke-32 tahun, akhirnya JNE menyediakan layanan kurir instan di tahun 2022. Ada 50 cabang yang menyediakan layanan Roket Indonesia dari Sabang-Merauke, dengan durasi kiriman 1 jam.”, ujar Luthfi pada Jumat, 30 September 2022. Sebagai informasi, Bandung merupakan kota ke-44 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll…Aborasi Bisnis Online yang pada tahun 2021 telah dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia.

Customer Care (62 21) 2927 8888